Jika Air Diibaratkan sebuah Ilmu

Assalammu'alaikum WW.
Di suatu masa saya terinspirasi dari sebuah hadis soheh oleh Bukhari. Bahwa Air minum adalah hajat hidup bersama, bahkan disebuah riwayat seseorang masuk surga dengan memberi air minum terhadap binatang anjing...nah ini riwayatnya

Dari Abu Hurairah RA, bahwa Nabi SAW. bersabda,"Ketika seorang laki-laki berjalan dan sangat haus, maka ia turun ke sumur dan minum darinya, kemudian ia keluar, tiba-tiba ada anjing yang menjulurkan (lidahnya) sambil memakan tanah karena haus." ia berkata ,"Sungguh telah sampai pada anjing ini (anjing) seperti apa yang telah sampai kepadaku. Ia mengisi terompahnya, kemudian dipegang dengan mulutnya, maka memberi minum anjing itu. Allah syukur kepadanya, maka Ia mengampuninya. Mereka berkata,"Wahai Rasulullah, sesungguhnya kami mendapat pahala pada binatang?" Beliau bersabda, "Pada setiap hati yang basah mendapat pahala." (HR. Bukhari)

Sekarang pertanyaan saya pernahkah anda berpikir bahwa dari binatangpun kita bisa mendapatkan pahala darinya, betul tidak..nah bagaimana dengan sesama manusia yang memilki akal, hati nurani tidakkah Allah akan lebih mengampuni Dosa-dosa kita?? Sekarang pertanyaan saya kedua, salahkah jika kita mengasihi sesama manusia, antar umat beragama, sesama etnis yang berbeda?? Ingat Surat Al-kafirun, Allah berfirman "..Agamamu agamamu, Agamaku gamaku.." Menurut saya sih Hal saling hormat-menghormati bahkan mengasihi sesama umat agama sah-sah saja selama tidak bertentangan dengan koridor syariat agama masing-masing...yang penting nawaitu-nya ajah...hehehe...
Lalu jika Air minum itu adalah sebuah ilmu, lalu pantaskah anda kikir dalam membagi ilmu anda, pernah saya mendengar Khotbah Jum'at, Khatib berkata "...Didalam sebuah riwayat mengatakan bahwa manusia akan mati dalam keadaan sia-sia kecuali orang-orang yang berilmu, dan akan lebih beruntung lagi terhadap orang-orang yang berilmu serta mengamalkannya (berbagi)..." Mohon disempurnakan lagai jika ada kesalahan...Maka beruntunglah wahai guru...hehe...

Perlu diketahui Saya hanyalah manusia yang mencari kebenaran sejati dan saya hanyalah hamba Allah yang masih jauh dari sempurna dimata-Nya. Dalam tulisan ini saya hanya ingin meminta masukan serta argumentasi dari rekan-rekan sekalian guna meningkatkan iman dan taqwa saya kepada Allah SWT...wallahu alam

Wassalammu'alaikum WW.

Komentar